Bisnis Haleyora

PT. HP merupakan sebuah perusahaan Operating Holding dalam bidang kelistrikan. Oleh karena itu dalam operasinya PT HP memiliki bisnis internal yang dilakukan sendiri dan bisnis yang dikelola melalui anak-anak perusahaan. Bisnis internal yang merupakan kompetensi inti PT HP adalah memberi jasa pada PLN dalam melakukan manajemen proyek untuk pekerjaan O&M jaringan transmisi tegangan menengah, tegangan rendah dan jaringan distribusi. Secara detil bisnis PT HP adalah sebagai berikut:
 
 
Manajemen Proyek O&M Transmisi dan Distribusi
PT HP melakukan manajemen proyek O&M Transmisi dan Distribusi PLN yaitu mengkoordinir, menjadwalkan dan mengendalikan aktifitas seluruh pekerjaan O&M Transmisi dan Distribusi PLN dengan memanfaatkan software Enterprise Assets Management (EAM) yang dikembangkan untuk tujuan tersebut dan memperoleh kontrak O&M Transmisi dan Distribusi dari PLN untuk kemudian dilaksanakan oleh anak perusahaan (PT HPI). Dalam menjalankan bisnis ini PT HP memberi nilai tambah pada PLN dengan mengintegrasikan kegiatan O&M Transmisi dan Distribusi sedemikian rupa sehingga aktifitas pemeliharaan dan perbaikan aset-aset transmisi dan distribusi berjalan secara efisien, tepat waktu, dan memberikan kemudahan informasi pada perusahaan penyedia jasa O&M Transmisi dan Distribusi lain-nya sehubungan dengan lokasi dan status aset transmisi dan distribusi PLN. Untuk itu PT HP memperoleh pemasukkan dalam bentuk management fee, alokasi overhead dan tingkat keuntungan tertentu.
 
IPP (Independent Power Provider)
Pada hakekatnya, bisnis ini merupakan bisnis yang perlu dilakukan oleh PT HP sebagai prasyarat untuk IPO. Bisnis ini juga diperlukan agar PT HP memiliki revenue stream jangka panjang yang lebih predictable. IPP secara selektif dibangun atau disewa pada wilayah-wilayah yang mengalami defisit tenaga listrik dengan acuan fisibilitas IRR Project.
 
ASP (Application Service Provider)
Tujuan langsung dari bisnis ini adalah memberi kemudahan bagi PLN dalam mengakses kondisi aset transmisi dan distribusi PLN diberbagai lokasi secara real time dengan menggunakan program Enterprise Assets Management (EAM) untuk digunakan dalam proses Plant Maintenance
 
PT HPI (Haleyora Powerindo)
PT HPI adalah anak perusahaan PT HP yang bergerak dalam bidang O&M Transmisi dan Distribusi, dengan kepemilikan saham sebesar 90%. PT HP mengakuisisi PT HPI, sebelumnya bernama PT Mitra Insan Utama (PT MIU), pada tahun 2012 dari Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan PT PLN (Persero) (YPK-PLN)
 
PT EPI (Energi Pelabuhan Indonesia)
PT EPI adalah perusahaan joint venture yang dibentuk bersama PT Pelindo II untuk mencukupi tenaga listrik di kawasan pelabuhan laut. PT HP merupakan pihak minority interest dengan kepemilikan saham sebesar 45% pada perusahaan tersebut.